Dokter Ari's BLOG 

Tips sehat Berpuasa

Berbagi kepada  Masyarakat mengenai tips sehat berpuasa:

 

1. Sahur tetap sunahnya memperlambat sahur. Tetap minum sampai Imsak.
2. Walau sedikit tetap ada makanan yang dikonsumsi dengan komponen lengkap ada karbohidrat bisa nasi atau kentang, ada unsur  lemak dan protein bisa telur, ikan atau daging ayam. Sebaiknya dalam bentuk rebusan dan bukan digulai. Ada buah dan sayur yang dikonsumsi saat sahur.
3.Habis sholat Subuh sebaiknya tdk langsung tidur tapi kalau tetap ingin tidur, baiknya tidur dengan bantal tinggi. Hal ini mencegah refluks karena makanan yang kita konsumsi sebagian besar masih ada di lambung.
4. Saat buka puasa, buka dengan yang manis2, sebaiknya dari manis buah bisa dalam bentuk jus atau minimal teh manis yang encer. Konsumsi 3 buah kurma. Boleh ditambah 1 buah kue kecil. Lanjut Sholat Magrib.
5. Makan besar prinsipnya tetap bukan mendobelkan makan siang dengan makan malam. Porsi tetap seperti makan malam. Sebaiknya tetap menghindari makanan yang berlemak dan hindari goreng2an yang berlebihan. Sunahnya makan dan minum tetapi jangan berlebihan.
6. Sayur dan buah tetap dikonsumsi saat makan sesudah Sholat Magrib. 
7. Usahakan tetap mengosumsi 8-10 gelas sehari: 4 gelas saat buka sampai sholat Taraweh, 2-3 gelas setelah Sholat Taraweh dan 2-3 gelas saat bangun Sahur sampai Imsak.

 

Ayo semangat jangan sampai kita tidak  produktif bahkan tidak mendapat hikmah sehat saat selesai Puasa Ramadan nanti. 
#salamsehat

 

Dr.Ari F Syam
@dokterari